Kamis, 28 Agustus 2008

Materi awal

pada tanggal 26 Agustus 2008 Materi perdana di luncurkan yaitu tentang kepalang merahan apa itu palang merah kenapa warna dasar pakai warna putih? dan apa artinya disini kita akan sedikit memberikan gambaran bagaimana sebuah organisasi yang harus dijalankan harus memiliki ciri khas khusus tentunya pada setiap lembaga masing - masing gambaran materi sebagai berikut :
P
alang merah diatas dasar warna putih menggambarkan perlindungan dan penolong sedangkan Palang Merah adalah suatu organisasi kemanusiaan yang timbul dari pengalaman Jean Henry Dunant yang menyaksikan pertempuran antara pasukan Austria dan pasukan Franco-Sardinia di Solferino.
Dari pengalaman tersebut Henry Dunant menuangkan dalam buku " Kenangan Solferino" ( Tahun 1862 )
Buku tersebut menarik perhatian empat penduduk Jenewa yaitu :
  1. General Dufour
  2. Dr. Louis Appia
  3. Dr. Theodore Maunoir
  4. Gustave Moynier
Jean Henry Dunant lahir tanggal 8 Mei 1828, sehingga sebagai penghargaan hari lahirnya sebagai Hari Palang Merah Sedunia. Empat orang tersebut bersama Jean Henry Dunant sepakat membentuk Komite Lima ( 1863 ) yang kemudian menjadi International Comitte of the Red Cross ( ICRC ). atau Komite Internasional Palang Merah ( KIPM ).
atas prakarsa ICRC tanggal 16 Agustus 1864 Pemerintah Swiss menyelenggarakan Perjanjian Internasional yang dikenal dengan konvensi Jenewa I yang isinya :
  • Tentara yang luka atau sakit haus diobati
  • sebagai penghargaan terhadap negara Swiss, maka lambang perlindungan menggunakan tanda Palang Merah diatas dasar putih, berupa kebalikan dari benderaSwiss.
Buat - buat rekan selamat dan terus berjuang demi kemanusiaan.......

1 komentar:

RAHMAT SAIFUL ANWAR mengatakan...

selamat berjuang demi kemanusiaan....aku dukung penuh,....